Selasa, 11 Juni 2013


CIRI KHAS KULINER 7 NEGARA
Beberapa Negara ini punya ciri khas masing-masing dalam makanannya. Sebelum mencoba, kita cari tahu dulu apakah kita tertarik dan siap dengan segala ke-khasannya.

Libanon
Dengan mencicipi masakan Libanon, kita menikmati bagaimana kelezatan di daerah Timur Tengah. Ciri-ciri dari masakan di negara ini adalah banyaknya buah, sayur, dan daging yang berbumbu, yang paling terkenal adalah hidangan pembuka yang bernama Mezze. Mezze berupa roti arab dengan acar, salad, dan saus yang khas. Selain itu, Libanon merupakan penghasil buah yang berlimpah, makanan laut, dan daging.

Yunani
Walaupun masakan di Yunani ada perpaduan dari Turki dan Italia, masakan Yunani khas dengan minyak zaitun dan rempah khusus wilayah Mediterania yang selalu dipakai. Hidangan yang paling terkenal dari negara ini adalah Moussaka. Makanan ini terdiri dari tomat, terung, dan bakso. Ada juga Britzoles atau daging yang dibakar.

Meksiko
Negara yang juga dikenal dengan rempah-rempah, masakan Meksiko adalah hasil perpaduan dari budaya Aztek, Maya, dan Spanyol. Untuk yang suka makanan pedas, makanan Meksiko mempunyai kelebihan di rasa pedasnya. Makanan yang biasa ditemui anatara lain nachos, burrito, dan kulit tortilla.

Jepang
Terkenal dengan hidangan laut yang segar, membuat makanan Jepang digemari masyarakat. Termasuk sushi yang sekarang bisa dengan mudah ditemui, nasi putih dan kedelai adalah bahan-bahan wajib bagi orang Jepang, D Jepang, Tokyo menjadi kota yang menyediakan makanan lezat dan menjadi saingan untuk kota London dan Paris.

Italia
Berbeda dengan Yunani yang selalu menggunakan minyak zaitun, masakan di Italia selalu menggunakan mentega pada setiap masakannya. Makanan yang terkenal dari negara ini adalah roti, pasta, dan pizza. Salah satu ciri khas dari makanan di negara ini selain penggunaan mentega adalah rempah-rempah dan keju yang banyak. Begitu juga dengan penggunaan tomat yang suka berlimpah.

Thailand
Rasa asam dan pedas adalah ciri khas utama di negara ini. Makanan yang paling khas yang sangat mencirikan masakan Thailand adalah Tom Yum. Perpaduan dari serai, cabai, lengkuas, dan makanan laut membuat makanan ini sangat digemari. Nasi juga menjadi makanan pokok di Thailand dan beras juga menjadi kebanggan di negara ini.

Perancis
Masakan Perancis biasa suka disebut dengan haute cuisine atau masakan agung. Dengan penyajian yang rumit, masakan perancis dikenal dengan penggunaan saus krim tanpa menggunakan banyak bahan masakan. Yang terpenting dari masakan Perancis adalah tampilan. Misalnya sayuran dan makanan inti harus disajikan dengan tepat dan potongan yang seragam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar