Rabu, 09 November 2011

mie aceh

Pendahuluan
Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khasnya masing-masing dan beberapa masakan khas Indonesia bahkan telah dikenal oleh orang di seluruh dunia. Salah satunya adalah Daerah Istimewa Nanggroe Aceh Darussalam, daerah ini terkenal dengan masakannya yang enak dan memanjakan lidah.Oleh karena itu tak heran jika banyak pecinta kuliner menjadikan masakan khas Aceh ini menjadi makanan favorit mereka. Bukan hanya terkenal di nusantara, tetapi juga popular di dunia . Masakan Aceh , pada umumnya memiliki cita rasa yang khas . Diantara semua ragam masakan itu, maka Mie Aceh merupakan menu utama disetiap kesempatan


Sejarah MIE ACEH
`1Aceh  punya beragam keunikan. Tak hanya dari segi adat dan kebudayaan, sederet makanan khas juga dimiliki oleh daerah nanggroe aceh Darussalam sebut saja mi aceh. Dan rasanya memang tak lengkap jika bertandang ke wilayah ini tanpa mencicipi mi aceh. Di bumi Serambi Mekkah ini, mi aceh mudah didapatkan. Namun, salah satu yang paling terkenal dan membuat pendatang terkesan adalah Mi Razali. Mi Razali terletak di tengah Kota Banda Aceh, tepatnya di Jalan T. Panglima Polim, Peunayong. Di sini, penikmat mi aceh berasal dari berbagai kalangan. Tak hanya warga lokal, juga dari daerah lain, termasuk dari luar negeri.
Mi aceh memang tersohor. Tapi, tak ada yang tahu persis bagaimana asal usulnya. Dalam buku-buku sejarah Aceh, tak ditemukan ihwal mulanya mi aceh. Meski demikian, konon, mi aceh berasal dari China. Aceh dan China sudah memiliki hubungan sejarah sejak abad 13 Masehi. Mi yang berasal dari China lalu diolah dengan cita rasa Aceh. Dan jadilah ia disebut mi aceh. Demikian seperti disarikan buku Jejak Kuliner Indonesia oleh JNE.









Pengertian mie aceh
Mie Aceh satu jenis kuliner yang menggoda dari Aceh, dapat dicicipi dengan dua cara, yakni digoreng atau direbus alias menggunakan kuah. Untuk rasa bisa memilih sendiri, apakah ingin pedas atau tidak. Sebagai variasi bisa menggunakan kepiting, udang, daging atau seafood. Variasi inilah yang nantinya menentukan nama mienya.
Mie aceh adalah masakan mie  pedas khas Aceh di Indonesia Mie kuning tebal dengan irisan daging sapi, daging kambing atau makanan laut (udang dan cumi) disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih dan pedas. Mie Aceh tersedia dalam dua jenis, Mie Aceh Goreng (digoreng dan kering) dan Mie Aceh Kuah (sup). Biasanya ditaburi bawang goreng dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, dan jeruk.



Bahan-Bahan Mie Aceh
Bahan-bahan dalam membuat mie aceh
·         200g daging kambimg
·         300g mie kuning yang telah diseduh air panas
·         4 siung bawang putih yang telah diiris
·         3 siung bawang merah yang telah diiris
·         1 buah tomat yang tewlah di potong-potong
·         750ml air
·         300ml kaldu sapi
·         50g toge
·         50g kol yang telah diiris
·         1 ½ sendok makan kecap manis
·         ½ sendok makan garam
·         1 sendok teh gula pasir
·         Minyak secukupnya untuk menumis
·         ½ sendok teh cuka
·         1 batang daun bawang yang telah diiris
·         1 daun salam
Bahan yang di haluskan
·         6 butir bawang merah
·         1 butir kapulaga
·         4 siung bawang putih
·         4 cabe merah yang telah dibuang bijinya
·         Sedikit kunyit yang telah di bakar
·         ¼ sendok teh jinten
·         ½ sendok teh merica
Bahan acar mentimun
·         3 buah mentimun yang telah di buang bijinya dan yang sudah di potong-potong
·         1 sendok teh cuka
·         1 sendok teh gula pasir
·         ½ sendok teh garam
Pelengkap mie aceh
·         100g emping goring
Cara memasak mie aceh
1.      Rebus daging kambing dan daun salam dalam air. Setelah matang lalu buang airnya dan diiris.
2.      Tumis bawang merah, bawang putih, dan bahan yang telah dihaluskan sampai harum. Lalu tambahkan daging kambing yang telah di rebus dan aduk sampai rata.
3.      Tambahkan tomat, kol, dan toge dan aduk hingga layu.
4.      Masukkan kecap manis, garam, gula, kaldu sapi, dan cuka. Lalu masak sampai meresap.
5.      Masukkan Mie Kuning sampai matang. Sebelum diangkat taburkan daun bawang lalu di aduk sampai merata.
6.      Setelah matang lalu di angkat dan sajikan dengan acar mentimin dan emping goreng.
7.      Lalu siap di sajikan.

Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan yang kami teliti dalam tugas ini. Maka kami dapat menyimpulkan bahwabanyak pelajaran yang kita ambil dari tugas ini. Tenyata mie aceh dapat terkenal di indonesia dan menjadi makanan favorite.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar