Nama :
Anggy Trianty
NPM : 10211908
Kelas : 3EA25
Bagaimana konsumen bisa mencapai
kepuasan ?
Kepuasan konsumen adalah perasaan seseorang yang puas atau sebaliknya
setelah membandingkan antara kenyataan dan harapan yang diterima dari sebuah
produk atau jasa (Kotler 2000:36). Kepuasan konsumen hanya dapat
tercapai dengan memberikan pelayanan yang berkualitas kepada konsumennya.
Pelayanan yang baik sering dinilai oleh konsumen secara langsung dari karyawan
sebagai orang yang melayani atau disebut juga sebagai produsen
jasa, karena itu diperlukan usaha untuk meningkatkan kualitas sistem pelayanan
yang diberikan agar dapat memenuhi keinginan dan meningkatkan kepuasan
konsumen. Jadi kualitas pelayanan merupakan hal penting yang harus diperhatikan
oleh perusahaan agar dapat tercapai kepuasan konsumen. Kualitas pelayanan
memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan konsumen. Kualitas memberikan suatu
dorongan kepada konsumen untuk menjalin hubungan yang kuat dengan perusahaan.
Dalam jangka panjang ikatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan
seksama harapan konsumen serta kebutuhannya. Dengan demikian perusahaan dapat
meningkatkan kepuasan konsumen dan pada gilirannya kepuasan tersebut dapat
menciptakan kesetiaan / loyalitas konsumen. Dengan tercapainya kualitas layanan
yang sempurna akan mendorong terciptanya kepuasan konsumen karena kualitas
layanan merupakan sarana untuk mewujudkan kepuasan konsumen. Kualitas layanan
dapat diwujudkan dengan memberikan layanan kepada konsumen dengan sebaik
mungkin sesuai dengan apa yang menjadi harapan konsumen. Ketidakpuasan pada
salah satu atau lebih dari dimensi layanan tersebut tentunya akan memberikan
kontribusi terhadap tingkat layanan secara keseluruhan, sehingga upaya untuk
meningkatkan kualitas layanan untuk masing-masing dimensi layanan harus tetap
menjadi perhatian.
Pengukuran kepuasan konsumen merupakan elemen penting dalam menyediakan
pelayanan yang lebih baik, lebih efesien dan lebih efektif. Apabila konsumen
merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan
tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efesien. Hal ini terutama sangat
penting bagi pelayanan publik.
Mencapai tingkat kepuasan konsumen
tertinggi adalah tujuan utama pemasaran. Ketika konsumen merasa puas atas
pelayanan yang didapatkan, maka besar kemungkinan mereka akan kembali lagi dan
melakukan pembelian-pembelian yang lain dan mereka juga akan merekomendasikan
pada teman-teman dan keluarganya tentang perusahaan tersebut. Pemasaran
bukanlah semata-mata membuat penjualan, melainkan tentang bagaimana memuaskan konsumen
terus-menerus.
BEBERAPA STRATEGI UNTUK MENINGKATKAN
KEPUASAN KONSUMEN
- Berikan produk yang berkualitas, serta bebas dari kerusakan ataupun kecacatan saat sampai di tangan konsumen. Sebaiknya cek terlebih dahulu kualitas produk atau jasa yang akan diberikan kepada konsumen.
- Berikan kualitas pelayanan yang ramah, ketepatan waktu penyampaian, serta menggunakan sistem yang mudah dipahami para konsumen. Sehingga para konsumen tidak merasa kesulitan dengan pelayanan yang diberikan, baik pelayanan langsung maupun pelayanan online.
- Fokus pada kepentingan atau pencapaian kepuasan konsumen, sehingga produk serta pelayanan yang diberikan dapat memenuhi harapan konsumen.
- Memperhatikan harga produk maupun biaya pelayanan yang sesuai dengan kondisi pasar saat ini, serta sesuaikan dengan nilai produk atau jasa yang ditawarkkan. Karena konsumen akan membandingkan antara biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari suatu produk.
- Berikan jaminan keamanan dari produk maupun pelayanan yang diberikan, sehingga para konsumen percaya dengan produk ataupun jasa yang ditawakan dan akan terus menjadi konsumen setia perusahaan kita. Misalnya dengan mencantumkan ijin dari Badan POM bagi produk makanan dan obat.
Setelah
memiliki beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan konsumen,
langkah berikut untuk mengukur kepuasan konsumen dengan beberapa cara sederhana
sebagai berikut :
- Menggunakan sistem saran dan kritik dari para konsumen. Misalnya dengan menyediakan kotak saran maupun kritik, atau menyediakan layanan telepon suara konsumen.
- Dengan mengadakan survey kepuasan konsumen. Biasanya dilakukan dengan memberikan kuesioner pada konsumen yang sedang membeli produk kita, atau dapat juga melakukan survey dengan melakukan telepon acak untuk menanyakan pelayanan yang selama ini telah diberikan.
- Dengan mencoba menghubungi kembali konsumen yang sudah lama tidak membeli produk kita. Sehingga kita bisa mengetahui penyebab mereka berhenti berlangganan, apakah karena kecewa dengan produk kita atau karena ada faktor lain. Sehingga kita dapat mengevaluasi produk serta pelayanan yang selama ini diberikan Dengan adanya penilaian kepuasan konsumen kita dapat mengetahui kebutuhan yang diinginkan para konsumen. Yang berpengaruh pula terhadap omset penjualan produk. Untuk itu berikan pelayanan prima bagi setiap konsumen Anda, agar mereka merasa senang dan nyaman dengan produk kita.
Keberhasilan strategi pemasaran suatu usaha dapat
dicapai jika kepuasan konsumen telah terpenuhi. Namun untuk memperoleh kepuasan
konsumen tidaklah mudah, karena tiap konsumen memiliki tingkat kepuasan yang
berbeda – beda walaupun membutuhkan produk yang sama. Proses pemenuhan kepuasan
konsumen tidak hanya membutuhkan produk atau jasa yang berkualitas saja, namun
juga membutuhkan adanya sistem pelayanan yang mendukung. Sehingga para konsumen
akan merasa senang dengan produk atau jasa yang dibutuhkan, serta nyaman dengan
pelayanan yang diberikan.
Adanya kepuasan konsumen
ternyata juga dapat mempengaruhi omset penjualan yang dihasilkan. Jika konsumen
merasa puas akan suatu produk maka permintaan akan meningkat dan omset
penjualan pun ikut naik, sebaliknya jika konsumen tidak merasa puas maka
permintaan akan menurun begitu juga dengan omset penjualannya. Hal penting
lainnya yang harus diperhatikan yaitu, konsumen yang kurang puas dengan suatu
produk tidak akan membeli ataupun menggunakan lagi produk yang
kita tawarkan. Selain itu konsumen yang kurang puas juga dapat
menceritakan kepada konsumen lain tentang keburukan produk yang mereka
dapatkan, sehingga dapat menimbulkan citra buruk di kalangan para konsumen.
Sumber :
http://pubeemmanaomi.wordpress.com/2012/01/17/strategi-pemasaran-untuk-mencapai-kepuasan-konsumen/
http://www.zoeldhan-infomanajemen.com/2012/07/pengertian-kepuasan-konsumen-kepuasan.html#sthash.i5jlp9WE.dpuf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar